DINAS KESEHATAN MENGIKUTI FOCUS GROUP DISCUSSION DAERAH DALAM ANGKA TAHUN 2023

DINAS KESEHATAN MENGIKUTI FOCUS GROUP DISCUSSION DAERAH DALAM ANGKA TAHUN 2023

Pemerintah Kota Tual dan Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Tenggara melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Pembahasan Data Publikasi Kota Tual Dalam Angka 2023, di Hotel Kimson, Senin (13/02/2023).

FGD ini dilaksanakan untuk mendiskusikan berbagai permasalahan data dalam hal pengumpulan data sektoral yang terdapat dalam publikasi Kota Tual dalam angka tahun 2023. Adapun peserta FGD ini meliputi seluruh OPD terkait yang berada dalam pemerintahan Kota Tual. Dinas Kesehatan di hadiri langsung oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Nurhamsa Mandak, SKM.,M.Kes dan Direktur RSUD Maren Kota Tual dr.Herlinah Sp.Pk.M.Kes

Perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dan dapat menjawab pembangunan daerah memerlukan data yang berkualitas, akurat, lengkap, relevan, berkesinambungan dan terkini yang bersumber dari berbagai OPD instansi atau lembaga. Penyediaan data untuk perencanaan pembangunan daerah, masih menghadapi berbagai persoalan, antara lain data tersebar di instansi sektoral, kualitas data belum terjamin, inskontitensi data, serta adanya perubahan alur data sektoral sejak pada dulunya otonomi daerah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu diselenggarakan wadah komunikasi dan diskusi, yaitu FGD pembahasan data publikasi Kota Tual Dalam Angka 2023. UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional pasal 31 mengamanatkan agar perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Data tersebut tidak hanya dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan. Namun juga dimanfaatkan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pelaksanaan pembangunan serta digunakan untuk berbagai riset atau penelitian. Guna mendukung tujuan itu, BPS berkewajiban untuk menyediakan data-data statistik. Salah satunya dengan menerbitkan publikasi Kota Tual dalam angka.

Dalam penerbitan buku tersebut di Tahun 2023 ini akan disajikan profil pembangunan di wilayah Kota Tual selama tahun 2022. Data-data yang disajikan adalah data statistik sektoral yang bersumber dari berbagai OPD instansi di sektoral, instansi, lembaga di lingkup Kota Tual, baik pemerintah maupun swasta serta hasil olahan data primer yang dilakukan oleh BPS Maluku Tenggara.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X